7 Cara Jadikan Perumahan Minimalis Terlihat Elegan dan Leluasa

Posted by

Banyak desain tempat tinggal dengan ukuran hunian yang bisa Anda pilih. Perumahan minimalis merupakan salah satu tipe hunian kekinian untuk Anda. Modelnya yang minimalis modern sangat cocok disediakan untuk keluarga kecil. Akan tetapi, kali ini terdapat 7 cara untuk menjadikan hunian minimalis jadi lebih elegan dan leluasa. Inilah caranya.

Perumahan Minimalis

  1. Menghindari Pemilihan Warna Gelap

Pemilihan warna gelap justru harus dihindari ketika ingin menjadikan rumah minimalis terlihat lebih luas. Tak hanya menghindari warna gelap dalam pemilihan desain eksterior, namun juga mencakup desain interior. Pemakaian warna gelap hendaknya diganti dengan warna-warna terang ataupun paduan antara warna gelap yang didominasi warna terang.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih paduan warna hitam dengan putih dan hijau untuk tema ruangan agar terlihat lebih sejuk. Selain itu, bisa juga warna putih dengan merah bata, putih dengan cokelat, merah bata dan abu-abu muda, serta masih banyak paduan lainnya. Anda juga bisa menggunakan wallpaper cantik dengan aneka warna dan motifnya untuk ruangan.

  1. Mempunyai Pencahayaan Optimal

Pencahayaan merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Pencahayaan yang cukup akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam beraktivitas dan mendukung kenyamanan sepanjang berada di dalam ruangan. Tempat tinggal juga harus mempunyai penerangan optimal.

Khusus untuk rumah minimalis, berikan ventilasi dan jendela yang cukup. Dengan demikian, cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah. Kondisi udara di dalam rumah juga akan segar, tidak lembab. Untuk pencahayaan di malam hari atau saat gelap, maka usahakan memasang instalasi lampu yang memadai, baik secara kuantitas, maupun kualitas.

Hal tersebut tentu saja dapat memberikan kesan hunian lebih luas, namun tetap berguna dalam pengoptimalan fungsi rumah. Lampu skylight juga bisa diterapkan agar ruangan lebih terang dan terkesan luas nan elegan. Agar rumah minimalis lebih elegan, maka pemberian jendela, ventilasi, serta lampu, hendaknya menggunakan desain unik yang menawan.

  1. Menggunakan Furnitur Fungsional dan Sesuai Ukuran

Konsep perumahan minimalis bukan berarti semua komponen di dalamnya serba mini. Furnitur di dalamnya juga harus diperhatikan terkait dengan ukuran, warna, dan fungsinya. Karena ruangan lebih terbatas, maka hendaknya memilih furnitur yang benar-benar dibutuhkan dengan warna yang padu dengan tema ruangan.

Untuk ukurannya, Anda bisa memilih furnitur yang memang ditujukan untuk ruangan minimalis. Sebagai contoh, pilih sofa tanpa kaki, meja yang beroda agar mudah dipindahkan, kursi sudut, dan sebagainya. Agar ruangan lebih leluasa, pilih juga furnitur multifungsi, yaitu satu furnitur yang punya fungsi lebih dari satu, seperti meja dengan rak penyimpanan.

  1. Membuat Ceiling yang Tinggi

Ruangan yang luas bisa dibentuk melalui ceiling yang didesain lebih tinggi. Dengan langit-langit ruangan yang lebih tinggi, ruangan akan tampak luas dan terang. Ceiling yang lebih tinggi tersebut bisa diaplikasikan untuk sebuah ruangan luas (ruang tamu, ruang keluarga) ataupun beberapa ruangan tanpa sekat (gabungan ruang makan dan dapur).

Untuk ruang yang lebih sempit, Anda tidak perlu menerapkan konsep langit-langit yang tinggi, karena justru membuat ruangan tidak proporsional. Jadi, cukup terapkan konsep ini pada ruangan yang lebih luas.

  1. Menggunakan Aksesoris Ruangan Mewah

Keindahan hunian sangat erat kaitannya dengan kenyamanan. Beragam hal yang menawan dapat diterapkan agar hunian lebih elegan. Aksesoris ruangan bisa menjadi jawabannya. Anda bisa memberikan aksesoris yang menawan, seperti taplak meja bermotif unik dengan hiasan pernak-pernik, karpet, lampu hias, hingga hiasan dinding dari marmer atau keramik.

  1. Menerapkan Dekorasi Ruangan yang Bertema

Kawasan perumahan minimalis saat ini sudah menyediakan aneka rumah minimalis yang sesuai perkembangan zaman. Banyak hunian berarsitektur menarik dengan gaya beraneka ragam. Hal ini terlihat dari desain eksterior dan interiornya. Ketika Anda ingin mempunyai rumah minimalis, maka konsep interiornya harus dibentuk sedemikian rupa agar tetap indah.

Buatlah dekorasi ruangan menggunakan tema tertentu. Anda bisa memilih tema monokrom dan menggunakan warna hitam putih. Jika ingin bertema klasik, maka warna cokelat, orange, dan kuning, bisa jadi paduannya. Nuansa sejuk bisa digambarkan dengan dekorasi serba hijau dan putih. Gunakan furnitur dan hiasan lainnya dengan kombinasi warna yang padu.

  1. Menggunakan Elemen Kaca dan Cermin

Elemen kaca dan cermin sangat pas untuk rumah minimalis. Pemakaian bahan kaca untuk meja dan pintu bisa memberikan nuansa lebih cerah dan luas. Bahan kaca yang tembus pandang bisa memberikan nuansa luar ruangan, sehingga tidak membatasi pandangan dalam satu ruang saja. Cermin di setiap ruangan juga bisa diterapkan agar mencerahkan suasana.

Berbagai cara tersebut sangat baik diterapkan untuk perumahan minimalis. Konsep hunian modern tersebut sangatlah menarik karena rumah minimalis dapat dijadikan lebih elegan dan tampak lebih luas yang mendukung kenyamanan. Kini, model rumah minimalis tidak terbatas pada beberapa model saja. Tersedia aneka hunian minimalis yang bisa dipilih sesuai selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *