Jangan Tergiur Dengan Harga Hewan Qurban Yang Murah, Perhatikan Pula 5 Hal Penting Ini Saat Ingin Membeli!

Posted by

Bagi setiap muslim yang mampu , memang sudah seharusnya dapat memberikan hewan qurban pada saat hari Raya Idul Adha. Tentunya akan bernilai ibadah dan membawa kebaikan bagi sesama karena bisa jadi salah satu sarana berbagi dan menjalin silaturahim kepada saudara muslim lainnya. Tidak sulit untuk bisa mendapatkan hewan qurban seperti sapi, kambing atau domba, karena biasanya menjelang hari raya Idul Adha, banyak penjual hewan qurban yang bermunculan.

Harga Hewan Qurban

Di beberapa daerah, bahkan disediakan khusus tempat jual beli hewan qurban untuk memudahkan masyarakat yang ingin membeli. Harga hewan qurban  yang ditawarkan tentunya sangat bervariasi, tergantung dari kondisi fisik hewan, umur, jenis dan lainnya. Calon pembeli bisa memilih dan menyesuaikan dengan keuangan yang ada. Jika memiliki uang berlebih, bisa memilih sapi untuk dijadikan hewan qurban, namun jika dana yang terbatas dan ingin mendapatkan hewan qurban dengan harga yang lebih murah dibandingkan sapi, bisa memilih kambing atau domba.

Saat ingin membeli, pastikan untuk memperhatikan hal-hal penting terkait hewan qurban yang memang memenuhi syarat untuk dapat diqurbankan. Jangan sampai tergiur dengan harga hewan qurban yang murah namun tidak memperhatikan aspek penting lainnya. Untuk itu, sangat perlu mengetahui apa saja syarat atau ketentuan yang membuat hewan layak untuk dijadikan hewan qurban. Berikut ini informasi tentang ternak yang layak dijadikan hewan qurban.

Global Qurban

1.       Jenis Hewan Qurban

Tidak semua jenis hewan ternak dapat menjadi hewan qurban, hanya hewan tertentu saja seperti unta, sapi, kerbau, kambing dan domba.

2.       Umur Hewan Mencukupi

Tidak hanya jenis hewan saja yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan qurban, usia atau umur hewan juga menjadi syarat lainnya yang harus dipenuhi untuk membuat seekor hewan layak atau tidak untuk diqurbankan. Setiap jenis hewan qurban memiliki ketetapan atau batas usia yang berbeda-beda, untuk hewan unta batas minimal usianya adalah 5 tahun, sapi dan kerbau 2 tahun, kambing dan domba 1 tahun.

3.       Hewan Telah Mengalami Pergantian Gigi

Untuk syarat ketiga yang juga harus diperhatikan adalah keadaan gigi hewan. Hendaknya hewan yang akan diqurbankan telah mengalami pergantian gigi dari gugu susu berganti gigi tetap. Untuk mengetahui kondisi gigi hewan, dapat dilihat dari bentuknya, jika masih dalam keadaan gigi susu biasanya bentuk gigi runcing dan kecil, sedangkan jika sudah berganti menjadi gigi tetap bentuknya lebih besar dan tidak runcing atau agak rata.

4.       Kondisi Hewan Sehat Dan Tidak Berpenyakit

Tidak dibenarkan menjadikan hewan yang dalam kondisi sakit atau berpenyakit sebagai hewan qurban. Hendaknya memilih hewan yang sehat, bugar dan gemuk karena hewan terbaik adalah yang paling layak diserahkan untuk hewan qurban. Untuk itu, perhatikan betul kesehatan hewan yang akan dipilih menjadi hewan qurban. Jangan hanya karena harga hewan qurban murah, lalu asal beli saja tanpa memperhatikan kondisi hewan. Ada beberapa cara mengetahui apakah hewan dalam kondisi sehat atau tidak diantaranya adalah nafsu makan normal, bulunya bersih dan mengkilap, cuping hidung terlihat basah namun bukan akibat flu, nafasnya tidak sesak, lubang kumlah bersih serta berwarna merah muda.

5.       Hewan Tidak Cacat Fisik

Walaupun hewan dalam keadaan sehat namun ternyata memiliki cacat fisik seperti pincang, buta, daun telinganya tidak ada sebelah, maka hewan seperti ini juga tidak layak untuk dijadikan qurban. Hewan dengan tanpa cacat fisik adalah syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh hewan yang ingin dijadikan hewan qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *