Menata Ruang Keluarga yang Sempit Agar Lebih Nyaman

Posted by

Seringkali setiap keluarga menghabiskan waktunya di ruang keluarga. Dulu, ruang keluarga identik dengan ruangan yang luas. Tetapi, karena saat ini trend rumah adalah rumah minimalis, maka ruang keluargapun juga minimalis. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa nyaman tinggal di rumah minimalis.

Mengatur rumah sempit dengan pengaturan yang sesuai, juga bisa menjadikannya sebagai tempat tinggal yang menyenangkan.  Ruang keluarganya pun juga bisa digunakan untuk berkumpul dan juga beristirahat bersama dengan keluarga. Nah, bagaimana menata ruang keluarga sempit agar bisa menjadi lebih nyaman ditempati? Berikut tips – tips nya :

Minim perabotan

Meja tv banyak laci dan simple

Jika memiliki ruangan keluarga yang minimalis, letakkan barang – barang yang penting saja. Pilihlah meja dengan desain yang ramping dan bahan ringan serta bentuk yang tidak usah terlalu besar. Tetap berikan ruang tersisa ketika meja diletakkan diantara barang lain di ruang keluarga.

Atau  kita bisa meletakkan tv diatas meja tv dengan banyak laci dan simpel agar lebih memanfaatkan perabot dengan banyak kegunaan. Ini juga bisa membuat ruang keluarga semakin lapang atau luas. Ruang keluarga yang sempit walaupun dengan banyak pernik – pernik tetap akan memberikan efek luas jika kita bisa menampilkannya dengan warna senada. Kita bisa menyesuiakan warna sofa dengan dinding, atau dengan sarung bantal kursi dan motif dari karpet yag ada di ruang keluarga.

Aktivitas di ruang keluarga

Banyak kegiatan yang dilakukan di ruang keluarga, namun tentunya ini akan berbeda pada tiap keluarga. Nah, kita bisa merencanakan kira – kira kegiatan apa saja yang dilakukan di ruangan ini dan kita akan memiliki gambaran dari perabot atau barang apa saja yang bisa diletakkan di ruang keluarga.

Cat ruangan dengan warna terang

Tips selanjutnya adalah dengan memberikan warna terang pada ruangan yang sempit. Kita bisa memberikan warna putih, kuning, biru, atau warna cerah lain. Ini berfungsi untuk memunculkan efek luas pada sebuah ruangan. Tetapi, kita juga perlu beberapa warna gelap untuk penyeimbang, misalnya dengan memberikan tirai dengan warna abu – abu.

Sofa panjang

Selanjutnya barang yang bisa dipilih untuk membuat ruang keluarga minimalis semakin nyaman adalah sofa panjang. Kita bisa menggunakan sofa panjang yang dapat menampung beberapa orang sekaligus. Daripada meletakkan banyak kursi di satu ruangan, hal ini akan membuat ruangan semakin terlihat penuh sesak.

Sesuaikan ukuran televisi dengan ruangan

Penyesuaian barang terhadap ruangan juga diperlukan. Misalnya menyesuaikan ukuran televisi dengan ruangan. Sering ditemukan, banyak yang memajang televisi super besar di ruangan yang sempit. Hal ini tentunya bukan hal baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mata. Maka sesuaikan ukuran layar televisi dengan luas ruangan keluarga.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan agar ruang keluarga yang sempit semakin nyaman ditempati. Semoga kita bisa menghabiskan waktu yang berkualitas bersama dengan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *